"BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU"

SOSIALISASI PARTISIPATIF : BAWASLU MEMPAWAH “PEMILIH PEMULA HARUS BIJAK SERTA TIDAK GOLPUT”.

SOSIALISASI PARTISIPATIF : BAWASLU MEMPAWAH “PEMILIH PEMULA HARUS BIJAK SERTA TIDAK GOLPUT".

Mempawah (Bawaslu Mempawah) Peran pengawasan bagi pelajar dan organisasi kepemudaan dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada, berpartisipasi mengawasi berbagai tahapan pemilu di media sosial. Pelajar juga bisa mengambil peran sebagai kontrol sosial di lingkungan keluarga, mereka bisa mengingatkan orang tuanya untuk tidak mewaspadai hoaks terkait pemilu, tidak terlibat politik uang, jangan terjebak dalam politik SARA, atau bisa mengingatkan mereka soal berbagai tahapan pemilu. (Selasa, 10/10/2023).

Bawaslu Kabupaten Mempawah Melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tujuan memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik serta Bagi pemilih pemula sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui tentang cara memilih pemimpin dan ikut meramaikan pesta demokrasi pada Pemilu di tahun 2024. 

Koordiv HP2H, janurius mengungkapkan Pengawasan Pemilu Partisipatif semoga ini akan menambah wawasan kepada siswa-siswi yang kemungkinan tahun depan termasuk pemilih muda atau pemula. Sedangkan untuk unsur organisasi masyarakat kami mohon dukungannya pada saat pemilu nanti untuk menjadi pengawas independen yang dapat membantu kami agar terlaksana Pemilu yang akan datang dengan jujur, adil dan dapat dipercaya.

“Pemilu ini merupakan pesta demokrasi dimana dalam Pemilu ini kita, yang merupakan hak kita dan Bangsa ini. Salah satu indikator keberhasilan Pemilu itu adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih, kita bersyukur dalam Pemilu kali ini ada yang berbeda  dalam arti dari 204 juta DPT hampir 60% diisi oleh kaum muda atau pemilih pemula. Semoga hari ini bermanfaat mungkin nanti ada dari siswa-siswi yang menjadi pemilih pemula dapat mengambil bagian menggunakan hak pilihnya” Ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Siswa dan siswi 13 Sekolah dari SMA dan SMK serta Organisasi Masyarakat dari berbagai unsur elemen Masyarakat. Bertempat di Wisata Nusantara Mempawah, jalan Gusti Sulung Lelanang KM 73,5 Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat 78919.

Menggunakan hak suaranya sehingga Pemilu yang diharapkan terlaksana dengan adil,jujur dan berintegritas dan Bangsa kita menjadi lebih baik dengan terpilihnya pemimpin yang tepat. Oleh karena itu kami juga mengharapkan orgsanisasi masyarakat untuk juga ambil bagian dalam kepemiluan ini sehingga Pemilu kali ini berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan yang diharapkan Bangsa ini.