"BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU"

Bawaslu Kabupaten Mempawah Lakukan Test CAT

Mempawah (Bawaslu Mempawah) – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan yang selanjutnya disebut Panwaslu Kecamatan adalah Panitia yang dibentuk untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak di Kabupaten Bintan Tahun 2024. Pada saat ini semua calon anggota panwaslu kecamatan sedang melaksanakan test tertulis (CAT) dikabupaten mempawah sendiri test CAT ini dilakukan selama 2 hari dengan masing masing 2 sesi, untuk sesi 1 pada puku 10.00-12.00 wib dan untuk sesi kedua pada pukul 13.00-15.00 wib.

Peserta pada sesi pertama dihari sabtu berjumlah 47 orang terdiri dari Kecamatan Anjungan, Toho dan Sadaniang, sementara untuk sesi pertama dihari minggu peserta berjumlah 45 orang terdiri dari Kecamatan Jungkat dan segedong.Pada sesi kedua dihari sabtu peserta berjumlah 56 orang terdiri dari Kecamatan Sungai Kunyit dan Sungai Pinyuh, untuk dihari minggu sesi kedua peserta berjumlah 57 orang terdiri dari Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur, (Minggu, 16/10/2022).

Akhmad Amiruddin menjelaskan bahwa Tes tertulis CAT sebagai salah satu metode guna mengetahui seberapa jauh kapasitas kemampuan pengetahuan para peserta dalam kepemiluan. Tes CAT juga dapat mengukur keterampilan peserta menggunakan sarana elektronik yg dimana hampir setiap proses yg dilakukan Bawaslu selalu menggunakan sistem elektronik l.

“sebagai contoh pembuatan laporan cepat. Harapan kedepan panwascam terpilih mampu menjadi garda depan dalam mensukseskan agenda pemilu yg berintegritas, dan menciptakan demokrasi yg baik”, Ujarnya.

Test CAT ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Mempawah Hilir, di Bawaslu Kabupaten Mempawah test CAT adalah test yang baru pertama kali digunakan untuk seleksi Panwaslu Kecamatan, karna pada tahun 2017 lalu test tertulis dilakukan menggukan kertas soal. Nantinya para peserta calon anggota Panwaslu Kecamatan yang lolos pada test CAT akan diranking menjadi 6 orang dan melanjutkan untuk test wawancara sehingga akan terpilih menjadi 3 orang saja.